Stabilitas Harga Pasar Dalam Menghadapi Gejolak Permintaan Selama Bulan Ramdhan

14 07 2012

Bulan ramadhan sebentar lagi tiba. Bulan yang penuh hikmah dan ampunan ini selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Banyak sekali aktivitas sosial kemasyarakatan mulai dari desa dan kota bergeliat untuk menyambut bulan ramadhan. Mulai dari aktivitas untuk sekedar buka bersama maupun sahur bersama. Aktivitas-aktivitas tersebut sering kali memicu munculnya gejala sosial yang mengarah pada budaya konsumtif yang lebih tinggi pada semua lapisan masyarakat. Budaya konsumtif yang muncul selama periode tersebut berpotensi untuk meningkatkan volume permitaan pada beberapa komoditi barang di pasaran. Pada umumnya komoditi yang mengalami peningkatan secara drastis adalah sembako dan berbagai kebutuhan menjelang hari raya.

Selama bulan ramadhan sembako dipastikan akan meningkat secara drastis. Hal ini memungkinkan terjadinya kelangkaan selama periode tersebut. Selain kelangkaan persediaan sembako, masalah stabilitas harga juga akan menjadi masalah yang berpotensi terjadi. Kondisi ini dipicu adanya peningkatan yang signifikan terhadap konsumsi sembako. Peningkatan konsumsi ini akan mencapai pada puncaknya pada beberapa hari menjelang hari raya. Pemicu meningkatnya konsumsi kebutuhan sembako salah satunya adalah peningkatan pendapatan dari masyarakat karena pemberian nilai tunjangan yang biasanya diberikan menjelang hari raya.. Dengan demikian perlu adanya antisipasi dari pemerintah untuk menjaga stabilitas persediaan barang.

Salah satu alternatif untuk mengantisipasi masalah tersebut adalah melalui upaya operasi pasar dan kegiatan pasar murah. Operasi pasar perlu untuk dilakukan sebagai upaya untuk menekan gejolak harga di pasar akibat peningkatan permintaan. Gejolak permintaan ini dapat mengakibatkan kenaikan harga secara signifikan. Kenaikan harga ini dapat mengakibatkan masyarakat terutama golongan menengah ke bawah harus membayar dengan harga yang lebih untuk komoditi tertentu selama periode ramadhan. Alternatif lainnya adalah dengan melakukan kegiatan pasar murah. Pasar murah akan efektif jika dapat menjangkau masyarakat pada golongan ekonomi menengah ke bawah dengan tepat sasaran. Kegiatan pasar murah ini sebaiknya dilakukan secara intensif pada beberapa hari menjelang hari raya. Beberapa hari menjelang hari raya bisa dikatakan sebagai klimaks dari kenaikan harga barang-barang kebutuhan termasuk sembako.

Upaya lain yang perlu dilakukan pemerintah untuk menjamin stabilitas harga dan persediaan barang pada periode ramadhan adalah dengan menjaga stabilitas rantai pasok dari berbagai barang kebutuhan. Upaya untuk menjaga stabilitas rantai pasok adalah dengan menjamin kelancaran distribusi dan transportasi barang. Selama ini masalah distribusi dan transportasi barang masih menjadi permasalahan dalam rantai pasok distribusi barang. Dengan menjaga stabilitas rantai pasok distribusi barang maka stabilitas persediaan barang terutama sembako dapat terjaga. Apabila stabilitas persediaan barang dapat dijaga maka harga barang juga akan stabil atau kecenderungan gejolak harga akan dapat diminimalkan. Stabilitas persediaan merupakan langkah preventif untuk menjaga agar kondisi gejolak harga selama periode ramadhan terjadi dalam skala yang wajar. Dengan demikian maka masyarakat dapat menyambut ramadhan dengan tenang tanpa ada keresahan akibat dari kenaikan harga barang di pasaran.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: