Makna Jaket Ungu Teknik Industri ITS

16 11 2011


Filosofi logo HMTI
Filosofi lambang TI adalah “cepat-efisien-optimal” yang sesuai dengan disiplin Teknik Industri. Huruf I pada tulisan TI yang dicetak miring dengan garis ini memiliki makna “speed” seperti halnya orang yang lari. Kemudian tulisan I pada tulisan TI yang dibagi dalam lima garis ini sebenarnya menurut bapak Eko selaku penciptanya mengungkapkan bahwa pada awalnya beliau mendesain logo ini dimaksudkan lima bagian diartikan sebagai Pancasila sebagai dasar negara. Kemudian kemiringan huruf I pada tulisan TI yang sebenarnya adalah sebesar 74o , dan apakah makna dari 74o ini???, malam itu akhirnya pak Eko selaku pencipta logo TI membuka rahasia besar yang telah lama disembunyikan akan makna dari 74o . Jadi makna dari 74o yang sebenarnya adalah tahun lahir dari pacar yang kedua dari bapak Eko, pak Eko mengaku menggunakan 74o ini agar memiliki kenangan tersendiri bersama dengan pacar beliau. Pak Eko memaparkan pula warna kuning sebagai warna dasar logo HMTI ini sebenarnya dipilih karena menyesuaikan perpaduan warna biru tulisan TI supaya serasi dengan logo ITS yang memiliki warna biru dan kuning juga.
Filosofi Jaket Ungu
Kenapa warna jaket kita ungu???.. karena menurut pak Eko pada dasarnya adalah “KITA BEDA”dan “THINK DIFFERENT”. Kata pak Eko warna ungu menurut Color Teory bukanlah warna tunggal tetapi merupakan warna sekunder, hal ini memiliki makna bahwasanya jurusan Teknik Industri sendiri merupakan turunan dari jurusan Teknik mesin. Selain itu, masih mengacu pada Color Teory pemilihan warna ungu bersal dari percampuran warna merah dan biru. Warna merah ini adalah warna yang berani dan terang, untuk mengimbanginya maka dipilih warna biru yang merupakan warna dingin (cool). Dari pak EKo memaknai warna ungu atau purple dalam sebuah singkatan yang sangat keren adalah Passion, Unity, Reability, Loyality, Energy. Lalu apa makna dari warna hijau yang mengiringi warna ungu TI??..jawabannya adalah bahwa warna hijau tosca adalah warna yang cocok atau maching. Menurut pak Eko keberadaan jaket ungu ini dalam teori Brand Loyality masuk pada level heart share. Apa maksud dari heart share???. Makna heart share ini adalah level dimana jika seseorang menggunakan produk tertentu (dalam hal ini jaket ungu), maka akan mucul rasa kebanggaan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: