Sumpah Pemuda Vs Karakter Pemuda

4 11 2011


Momentum 28 Oktober merupakan hari revitalisasi visi pemuda. Saat ini sebagian besar pemuda tidak mempunyai visi yang jelas. Egoisme dan idealisme bercampurbaur dengan batasan yang abstrak. Ada pemuda yang terbuai dengan egoisme sehingga lupa akan jati dirinya. Ada pula yang lupa akan idealismenya karena terlelapkan dengan mimpi-mimpi perubahan.
Refleksi 28 Oktober merupakan alat untuk memicu kesadaran penyatuan visi pemuda. Pemuda sebagai motor perubahan seharusnya duduk terdepan dengan satu visi. Ibarat kendaraan maka pemuda adalah sopirnya. Oleh karena itu pemuda harus memiliki satu visi yang jelas dalam mengawal perjalanan bangsa.
Pemuda harus waspada terhadap adanya kepentingan tertentu. Kepentingan tersebut harus dikikis habis. Gerakan pemuda harus benar-benar bersih dari kepentingan golongan tertentu. Dengan demikian peranan penyatuan visi akan menjadi harga mati untuk menyelaraskan pergerakan.
Hal utama lainnya adalah konsistensi menjaga jatidiri pemuda. Jati diri pemuda berkaitan erat dengan karakter pemuda. Momentum sumpah pemuda seharusnya menjadikan pemuda bangkit dan melakuakan pembangunan karakter. Pemuda dapat berperan besar bagi bangsa ketika karakter mereka telah terbangun dengan kuat.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: