Perlunya Pelatihan Tanggap Bom

4 11 2011


Teror bom kembali menjadi topik hangat dalam beberapa pekan terakhir. Ancaman bom membuat masyarakat semakin merasa resah terhadap kondisi keamanan. Bahkan teror bom yang terbaru telah berhasil menyebabkan seorang perwira polisi kehilangan telapak tangannya.
Keresahan masyarakat terhadap ancaman teror bom semakin diperparah akibat lambannya kinerja dari aparat keamanan untuk mengungkap pelaku bom. Rasa kecemasan dan kekhawatiran masyarakat terhadap ancaman bom perlu untuk segera ditanggapi oleh pemerintah. Pemerintah melalui aparat kemanan seharusnya melibatkan peran aktif masyarakat untuk menangani ancaman teror bom.
Salah satu upaya untuk mengurangi keresahan dan kekhawatiran tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan tanggap bom. Melalui pelatihan tanggap bom diharapkan masyarakat memiliki kewaspadaan yang extra terhadap teror bom. Pelatihan ini ditujukan untuk melatih respon masyarakat terhadap ancaman bom baik untuk langkah preventif maupun kondisi pasca ledakan bom. Selain itu pelatihan tanggap bom juga bermanfaat untuk mengendalikan kepanikan masyarakat yang timbul akibat teror bom. Kepanikan sering kali menyebabkan masyarakat melakukan respon yang salah terhadap kondisi yang sedang terjadi. Kepanikan justru berpotensi menimbulkan permasalahan baru dalam menghadapi ancaman teror bom.
Pelatihan tanggap bom akan membekali kemampuan dasar masyarakat agar dapat melakukan upaya mitigasi secara mandiri ketika terjadi teror bom. Mitigasi mandiri terhadap bom minimal dapat meredakan ketegangan dan kepanikan masyarakat ketika ancaman teror bom terjadi. Terutama apabila ancaman teror bom tersebut terjadi pada fasilitas umum dan berbagai tempat keramaian lainnya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: