Perbaikan Sistem Keselamatan Penumpang

4 11 2011


Pada beberapa minggu terakhir kecelakaan silih berganti terjadi. Kecelakaan dalam transportasi darat, laut dan udara menghiasi topik berita di media cetak dan elektronik. Fenomena ini mengindikasikan adanya masalah serius dalam dunia transportasi nasional. Oleh karena itu perlu segera diadakan penanganan komprehensif untuk memperbaiki rapor merah dalam dunia transportasi nasional.
Transportasi publik meliputi angkutan darat laut dan udara merupakan sektor mendasar untuk segera dibenahi. Perbaikan tersebut meliputi aspek pelayanan dan jaminan keselamatan. Perbaikan dalam sektor transportasi publik bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda transportasi umum. Apabila minat masyarakat menggunakan transportasi publik meningkat maka permasalahan kemacetan lalulintas akan teratasi secara berangsur-angsur.
Transportasi publik merupakan jasa angkutan utama bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah sangat mengandalkan keberadaan transportasi publik. Bagi sebagian besar masyarakat keberadaan transportasi publik ibarat pisau untuk mengiris kehidupan. Masyarakat memiliki harapan dan tumpuan yang besar terhadap layanan transportasi publik. Transportasi publik merupakan hal yang tidak terpisahkan dari degup kehidupan.
Fenomena tingginya angka kecelakaan transportasi publik merupakan pukulan tersendiri bagi masyarakat yang selama ini menggantungkan diri pada jasa angkutan umum. Pemerintah melalui dinas perhubungan seharusnya segera bergerak untuk menyelesaikan permasalahan ini. Kehidupan sebagian masyarakat Indonesia akan terancam ketika terjadi penurunan layanan pada sektor jasa angkutan umum. Permasalahan transportasi publik hendaknya menjadi cambuk bagi pemerintah untuk memperbaiki kinerja dari dinas perhubungan. Salah satu respon tersebut misalnya dengan meningkatkan standar pelayanan dan jaminan keselamatan penumpang pada semua sektor jasa angkutan umum.
Pelayanan transportasi publik seharusnya menerapkan falsafah bahwa penumpang adalah raja. Dengan demikian maka penumpang berhak mendapatkan pelayanan yang prima. Pelayanan yang prima dapat tercermin dari sisi jaminan keselamatan dan standar operasional kepada penumpang. Standar operasional pelayanan dapat ditingkatkan dengan perbaikan baik pada sumberdaya manusia dan sarana transportasi yang digunakan. Pembenahan sumberdaya manusia dapat dilakuakan dengan pemberian sertifikasi dan training terpadu pada setiap operator jasa angkutan. Sedangkan perbaikan fasilitas jasa angkutan dapat dilakukan dengan pengawasan ketat terhadap uji kelayakan atau standarisasi jasa angkutan yang diperbolehkan beroperasi. Hal penting lainnya adalah pemberlakuan premi asuransi pada tiket penumpang. Peningkatan jaminan keselamatan pada jasa angkutan ini dapat dilakukan dengan pemberian pelatihan mitigasi kecelakaan terhadap para operator jasa angkutan umum. Pelatihan mitigasi terhadap kecelakaan pada operator jasa angkutan harus diadakan secara teratur. Pelatihan mitigasi kecelakaan diharapkan dapat menumbuhkan respon yang cepat dan tepat ketika terjadi kecelakaan terjadi.
Peningkatan pelayanan transportasi publik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Secara garis besar peningkatan pelayanan transportasi publik bertujuan untuk memberikan layanan yang prima terhadap penumpang. Selama ini transportasi publik ditinjau dari sisi fasilitas dapat dikatakan masih cukup memadai. Hal tersebut akan bertolak belakang jika berkaca pada jaminan keselamatan. Selama ini banyak sekali tindakan dari penyedia jasa angkutan umum yang mengabaikan sisi keselamatan penumpang. Ada sebagian oknum dari penyedia jasa angkutan umum yang masih mengutamakan profit dengan mengabaikan keselamatan penumpang. Fenomena musibah tenggelamnya kapal dan kecelakaan yang dipicu dari kelebihan muatan merupakan bukti adanya kebijakan yang salah dari penyedia jasa angkutan.
Oleh karena itu perlu segera dilakukan pembenahan yang mendasar pada sistem transportasi publik. Penundaan perbaikan pada sektor transportasi publik justru hanya akan menunda masalah besar bagi masyarakat. Aktivitas masyarakat dan roda kehidupan akan berjalan dengan lancar ketika sistem transportasi publik berjalan dengan baik. Secara tidak langsung perbaikan sektor transportasi publik juga akan menunjang perbaikan ekonomi nasional.
Pelaksanaan perbaikan transportasi publik dengan menekanakan pembenahan sistem jaminan keselamatan penumpang tentunya akan melibatkan banyak pihak. Pemertintah melalui dinas perhubungan merupakan sentral dalam kebijakan transportasi publik. Setiap perbaikan kebijakan pasti akan membutuhkan pendanaan dalam implementasinya. Oleh karena itu peran serta masyarakat juga menentukan keberhasilan kebijakan perbaikan kebijakan sistem transportasi umum. Peran serta masyrakat untuk mendukung perbaikan kebijakan transportasi umum ini anatara lain turut serta mengontrol pelaksanaan kebijakan. Selain itu masyarakat juga dapat membantu implementasi kebijakan transportasi publik dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Masyarakat yang tertib lalu lintas secara signifikan akan mengurangi angka kecelakaan lalulintas. Dengan demikian juga akan mendukung implementasi perbaikan sistem transportasi publik.
Perbaiakan sistem transportasi publik dengan mengedepankan keselamatan penumpang sangat mendesaka untuk dilaksanakan. Kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara terkoordinasi mulai dari pemerintah pusat hingaa di tingkat daerah. Perbaiakn sistem transportasi publik dapat terlaksana ketika setiap elemen mempunyai kesadaran dan keinginan untuk memperbaiki dunia transporatsi Indonesia. Proses perbaikan sistem transportasi publik membutuhkan waktu yang cukup lama dan bertahap. Oleh karena itu diperlukan konsistensi dalam implementasinya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: