Pendidikan Anti-Korupsi Sejak Dini

4 11 2011


Perang melawan korupsi dengan gencar didengungkan pemerintah mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas. Fakta menunjukan korupsi menjangkiti seluruh instansi pemerintahan baik di daerah maupun pusat. Hampir setiap hari kasus korupsi menjadi topik utama di media massa. Gerakan pemberantasan korupsi pada hakikatnya merupakan upaya penyelamatan bangsa dari keterpurukan. Budaya korupsi yang telah turun temurun diwariskan dari generasi sebelumnya harus segera dikikis habis hingga ke akar-akarnya. Gerakan pemberantasan korupsi memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak. Proses pemberantasan korupsi di Indonesia perlu didukung upaya pembinaan generasi yang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masa depan bangsa. Peran pendidikan sebagai ujung tombak untuk mencetak kader perjuangan bangsa tidak dapat dipungkiri lagi keberadaannya. Pendidikan harus mampu mengkampanyekan pentingya kesadaran budaya anti-korupsi pada generasi penerus Indonesia.
Salah satu alternatif upaya menumbuhkan kesadaran budaya anti-korupsi dalah memasukan substansi penanaman budaya anti-korupsi pada kurikulum pendidikan. Pendidikan mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi harus dilibatkan secara aktif dalam implementasi penumbuhan budaya anti-korupsi. Pada pendidikan usia dini misalnya dapat dilakukan melalui metode cerita yang menanamkan nilai bahwa korupsi merupakan perbuatan tercela dan termasuk tindak kejahatan. Pada pendidikan tingkat dasar dan menengah dilakukan dengan pembinaan substansi karakter anti-korupsi dalam buku-buku pendidikan. Pada buku-buku tersebut dituliskan slogan dan cerita-cerita yang bertemakan budaya anti-korupsi.
Sampai saat ini gerakan anti-korupsi cenderung hanya berorientasi pada pengungkapan kasus saja dan belum berusaha untuk menciptakan generasi penerus yang berkarakter anti-korupsi. Semoga pembinaan generasi anti-korupsi ini mampu berjalan secara berkesinambungan dan mengikis laten korupsi bangsa Indonesia.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: