Mengawal Nasionalisme Para Perindu Merah Putih

4 11 2011


Budaya naturalisasi yang menuai kesuksesan pada Piala AFF 2010 merupakan suatu cerita manis yang terukir dalam sejarah bangsa Indonesia. Rasa nasionalisme yang ditunjukan oleh atlet sepakbola Irfan Bachdim dan Christian Gonzales sungguh luar biasa. Berkat kontribusi mereka berdua mengantarkan Timnas Indonesia merengkuh juara ke dua di Piala AFF 2010.
Semangat AFF 2010 mampu sejenak mengalihkan polemik yang sebenarnya ada dalam kompetisi Sepak Bola Nasional. Adanya dua kompetisi Indonesia Super Liga (ISL) dan Liga Premier Indonesia (LPI) yang dinaungi dibawah dua lembaga yang berbeda. PSSI telah mengklaim bahwa kompetisi LPI bersifat ilegal sehingga baik tim maupun para pemain yang bermain pada kompetisi tersebut harus keluar dari keanggotaan resmi PSSI. Persoalannya sekarang banyak para pemain Timnas yang berlaga di kompetisi LPI termasuk salah satunya adalah Irfan Bachdim. Kasus ini harus segera diselesaikan sehingga tidak mengaburkan nasib para pemain Timnas yang berlaga di LPI.
Semangat nasionalisme seharusnya lebih disikapi dengan bijaksana dengan mengedepankan kejayaan prestasi timnas Indonesia. Artinya untuk mewujudkan perbaikan prestasi timnas Indonesia PSSI dengan penuh arif dan bijaksana seharusnya mengizinkan semua pemain bermain di Timnas Indonesia. Tanpa memandang pemain tersebut berasal dari klub yang berkompetisi di Indonesia Super Liga maupun LPI. Pada dasarnya membela Timnas Indonesia merupakan impian dan kebanggan yang tiada tara bagi para pemain Indonesia. Pemberlakuan dua macam kompetisi Indonesia Super Liga (ISL) dan Liga Premier Indonesia (LPI) seharusnya lebih menciptakan atmosfer kompetisi yang lebih ketat dan kompetitif. Bukan malah menjadikan batasan dan kekangan pemain untuk berprestasi baik di pentas nasional dan internasional.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: