Cermin dan Harapan Indonesia Tahun 2011

4 11 2011


Selama tahun 2010 telah terjadi berbagaimacam bencana kemanusiaan, tindak korupsi dan kontroversi dalam pemerintahan Indonesia. Boleh dibilang Indonesia seperti perahu layar yang kehilangan gairah untuk bergerak akibat compang campingnya layar dan perubahan arah mata angin. Tidak dapat dipungkiri hal ini memicu pergerakan suatu kapal menjadi semakin lemah. Kondisi tercermin dari rendahnya indeks pengembangan sumber daya manusia bangsa Indonesia dibanding dengan negara lain di Asia Tenggara(Malaysia, Singapura, Thailand dan Singapura) Indonesia menempati urutan juru kunci. Sebuah tamparan telak bagi bangsa Indonesia yang pernah menjadi macan Asia pada tahun 1980.
Harapan kedepannya Indonesia dapat mengukir prestasi dithun 2011 sehingga mampu mengejar defisit ketertinggalan dalam sektor-sektor penting seperti dalam bidang ekonomi, teknologi dan pendidikan. Semoga Macan Asia yang sudah terlalu lama terdiam ini semakin cepat bangun. Sektor pendidikan di Indonesia yang masih amburadul atau dapat dikatakan sebagai sistem yang bersifat try and error dalam pengimplementasiaannya. Sejauh ini belum ada langkah konkrit dari pemerintah untuk mengambil sistem pendidikan yang menjadi pedoman atau poros acuan untuk berbagaimacam tingkat pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga jenjang sarjana.
Dalam sektor ekonomi Indonesia harus segera melakukan langkah strategis dengan memberdayakan seluruh sektor potensial untuk mendongkrak pendapatan negara Indonesia. Diversivikasi pendapatan pemerintah melalui sektor-sektor strategis seperti bidang pertanian, peternakan, budidaya hasil laut dan budi daya hasil htan harus segera dilakukan. Tidak dapat dipungkiri sejauh ini pendapatn Indonesia masih didominasi dari hasil pertambangan.
Pada era sekarang ini bukan rahasia umum jika bangsa yang berhasil meguasai teknologi akan mampu menggenggam dunia. Teknologi mencerminkan tingginya peradaban suatu bangsa. Jadi kasta suatu bangsa ditentukan pada sejauh mana penguasaan teknologi yang sedang berkembang pada saat masanya.
Garudaku segeralah engkau kepakan sayapmu sepenuh kekuatanmu melalui perbaikan bidang teknologi, pendidikan dan ekonomi. Tunjukkanlah bahwa Indonesia menjadi Macan Asia bukan hanya sekedar dalam cerita. Bangunlah, Jayalah, Bangsaku, tumpah darahku……Indonesia.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: