Cabai Melangit Masyarakat Menjerit

4 11 2011


Sejak awal Desember masyarakat sudah diresahkan dengan kenaikan harga berbagai macam komoditas kebutuhan rumah tangga. Salah satu harga komoditas yang paling melejit adalah cabai. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir mampu mengalahkan harga daging dalam satuan perkilogramnya. Tidak terlalu mengagetkan ketika cabai juga memberikan kontribusi pada meningkatnya inflasi pada bukan Desember 2010 yang mencapai 2,69%. Berdasarkan realita dilapangan pemicu naiknya angka inflasi ini disebabkan dua komoditi yaitu cabai dan beras.
Cabai memang benar-benar menjadi primadona hingga harganya mencapai Rp 100.000 per-kilogram di pasaran. Harga tersebut setara dengan harga 3 kilogram daging. Kenaikan ini menjadikan tantangan tersendiri bagi industri rumah tangga terutama usaha makanan dan warung makanan. Di satu sisi mereka sulit untuk menaikan harga mengingat masih rendahnya daya beli masyarakat. Tetapi disisi lain kenaikan mendesak dilakukan untuk memenuhi biaya produksi.
Melangitnya harga cabai ini disebabkan oleh masalah klasik yaitu pengaruh datangnya musim hujan yang semakin tidak menentu. Permasalahan klasik ini memicu terjadinya keterlambatan pasokan dan gagal panen cabai dibeberapa daerah. Kondisi ini semakin diperparah akibat campurtangan permainan para tengkulak untuk meraih keuntungan sesaat.
Keadaan perekonomian yang semakin mencekik leher rakyat kecil ini sebenarnya tidak perlu terjadi. Andaikan pemerintah siap dan tanggap terhadap keluhan dari masyrakat. Berkaca pada tingginya inflasi pada 2010 yang mencapai 6,96% dimana pemerintah hanya mengestimasikan inflasi kurang dari 6%. Faktor dominan yang membengkaknya nilai inflasi tersebut adalah kegagalan pemerintah untuk menciptakan stabilitas harga kebutuhan pangan. Sebuah cerminan bahwa untuk kedepannya pemerintah harus memberikan fokusan pengembangan pertanian untuk mewujudkan stabilitas harga pangan. Melalui stabilitas harga pangan harapannya fenomena gejolak kenaikan harga kebutuhan akan tereduksi. Dengan demikian keinginan pemerintah untuk menekan nilai inflasi tahunan kemungkinan besar dapat terwujud.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: